47. Mata
Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah
(MI)
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata
pelajaran yang diberikan mulai dari
SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. IPS
mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan
dengan isu sosial. Pada jenjang SD/MI mata pelajaran IPS memuat materi
Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi. Melalui mata pelajaran IPS, peserta
didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan
bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai.
Di
masa yang akan datang peserta didik akan menghadapi tantangan berat karena
kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat. Oleh karena
itu mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman,
dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki
kehidupan bermasyarakat yang dinamis.
Mata
pelajaran IPS disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses
pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat.
Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman
yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.
B. Tujuan
Mata
pelajaran IPS bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Mengenal
konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya
2. Memiliki kemampuan dasar untuk berpikir logis
dan kritis, rasa ingin tahu, inkuiri,
memecahkan masalah, dan keterampilan dalam kehidupan sosial
3. Memiliki
komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai sosial dan kemanusiaan
4. Memiliki
kemampuan berkomunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang
majemuk, di tingkat lokal, nasional, dan global.
C. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup mata pelajaran IPS meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Manusia, Tempat, dan Lingkungan
2. Waktu, Keberlanjutan, dan Perubahan
3. Sistem Sosial dan Budaya
4. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Standar
Kelas 1, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga
|
1.1 Mengidentifikasi
identitas diri, keluarga, dan kerabat
1.2 Menceriterakan pengalaman diri
1.3 Menceriterakan
kasih sayang antar anggota keluarga
1.4 Menunjukkan
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
|
Kelas 1,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Mendeskripsikan lingkungan rumah
|
2.1
Menceritakan
kembali peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga
2.2
Mendeskripsikan letak rumah
2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan
perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga
secara kronologis
|
1.1 Memelihara dokumen dan koleksi benda
berharga miliknya
1.2
Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga
sebagai sumber cerita
1.3
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara
kronologis
|
Kelas II, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2 Memahami kedudukan dan peran anggota
dalam keluarga dan lingkungan
tetangga
|
2.1 Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota
keluarga
2.2 Menceritakan pengalamannya dalam
melaksanakan peran dalam anggota keluarga
2.3
Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami lingkungan dan melaksanakan
kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
|
1.1
Menceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
1.2
Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
1.3
Membuat
denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah
1.4
Melakukan
kerjasama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa
|
Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Memahami
jenis pekerjaan dan penggunaan uang
|
2.1 Mengenal
jenis-jenis pekerjaan
2.2 Memahami
pentingnya semangat kerja
2.3
Memahami
kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
2.4 Mengenal
sejarah uang
2.5
Mengenal
penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan
|
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
1.1
Membaca
peta lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dengan menggunakan skala
sederhana
1.2
Mendeskripsikan
kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi serta hubungannya
dengan keragaman sosial dan budaya
1.3
Menunjukkan jenis dan persebaran
sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan
setempat
1.4
Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
1.5
Menghargai
berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota,
provinsi) dan menjaga kelestariannya
1.6
Meneladani
kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan
kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
|
2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang
berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya
2.2 Mengenal
pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
2.3 Mengenal perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi
serta pengalaman menggunakannya
2.4
Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
|
Kelas V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah
yang berskala nasional pada masa
Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta
kegiatan ekonomi di Indonesia
|
1.1 Mengenal makna peninggalan-peninggalan sejarah yang
berskala nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.2 Menceriterakan
tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
1.3 Mengenal keragaman kenampakan alam dan buatan serta
pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan
media lainnya
1.4 Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia
1.5
Mengenal
jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia
|
Kelas V, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2. Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankaan
kemerdekaan Indonesia
|
2.1
Mendeskripsikan
perjuangan para tokoh pejuang pada masa
penjajahan Belanda dan Jepang
2.2 Menghargai
jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
2.3 Menghargai
jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
2.4 Menghargai
perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
|
Kelas VI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1. Memahami
perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara di Asia Tenggara, serta
benua-benua
|
1.1 Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
1.2 Membandingkan kenampakan alam dan keadaan
sosial negara-negara tetangga
1.3 Mengidentifikasi benua-benua
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
2.
Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan
sekitarnya
|
2.1
Mendeskripsikan
gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
2.2 Mengenal
cara-cara menghadapi bencana alam
|
3.
Memahami
peranan bangsa Indonesia di era global
|
3.1 Menjelaskan
peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya
terhadap kehidupan bangsa Indonesia
3.2 Mengenal
manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi
arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran
dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment