42. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk
Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar Belakang
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga
IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta,
konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses
penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik
untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan
lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Proses
pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk
mengembangkan kompetensi agar
menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA
diarahkan untuk inkuiri dan berbuat
sehingga dapat membantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih
mendalam tentang alam sekitar.
IPA diperlukan dalam
kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia melalui pemecahan
masalah-masalah yang dapat diidentifikasikan.
Penerapan IPA perlu dilakukan secara bijaksana agar tidak berdampak
buruk terhadap lingkungan. Di tingkat
SD/MI diharapkan ada penekanan pembelajaran Salingtemas (Sains, lingkungan,
teknologi, dan masyarakat) yang
diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya
melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi
bekerja ilmiah secara bijaksana.
Pembelajaran IPA sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah (scientific inquiry) untuk menumbuhkan
kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya
sebagai aspek penting kecakapan hidup. Oleh karena itu pembelajaran IPA di
SD/MI menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui
penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah.
Standar Kompetensi (SK) dan
Kompetensi Dasar (KD) IPA di SD/MI merupakan standar minimum yang secara
nasional harus dicapai oleh peserta didik dan menjadi acuan dalam pengembangan
kurikulum di setiap satuan pendidikan. Pencapaian SK dan KD didasarkan pada
pemberdayaan peserta didik untuk membangun kemampuan, bekerja ilmiah, dan
pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru.
B. Tujuan
Mata Pelajaran IPA di SD/MI
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1. Memperoleh
keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan,
keindahan dan keteraturan alam ciptaan-Nya
2.
Mengembangkan pengetahuan dan
pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam
kehidupan sehari-hari
3.
Mengembangkan rasa ingin tahu,
sikap positip dan kesadaran tentang
adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan, teknologi dan masyarakat
4.
Mengembangkan keterampilan proses
untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah dan membuat keputusan
5.
Meningkatkan kesadaran untuk berperanserta dalam memelihara,
menjaga dan melestarikan lingkungan alam
6.
Meningkatkan kesadaran untuk menghargai alam dan segala
keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan
7.
Memperoleh bekal pengetahuan, konsep dan keterampilan IPA
sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/MTs.
C.
Ruang Lingkup
Ruang Lingkup bahan kajian IPA untuk SD/MI meliputi
aspek-aspek berikut.
- Makhluk hidup dan proses kehidupan, yaitu manusia, hewan, tumbuhan dan
interaksinya dengan lingkungan,
serta kesehatan
2.
Benda/materi, sifat-sifat dan kegunaannya meliputi: cair,
padat dan gas
- Energi dan perubahannya meliputi: gaya, bunyi, panas, magnet, listrik,
cahaya dan pesawat sederhana
4.
Bumi dan alam semesta meliputi: tanah, bumi, tata surya,
dan benda-benda langit lainnya.
D. Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar
Kelas I,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1.
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya, serta cara perawatannya
|
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta
cara perawatannya
1.2 Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat
(makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)
1.3 Membiasakan
hidup sehat
|
2. Mengenal cara memelihara
lingkungan agar tetap sehat
|
2.1 Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap
sehat
2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan
lingkungan tidak sehat
2.2 Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan dan
lingkungan sekitar
|
Benda dan
Sifatnya
3.
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya
melalui pengamatan perubahan bentuk
benda
|
3.1 Mengidentifikasi benda yang ada di
lingkungan sekitar berdasarkan cirinya melalui pengamatan
3.2 Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya
3.3 Mengidentifikasi kegunaan benda di lingkungan sekitar
|
Kelas I, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
4. Mengenal berbagai bentuk energi dan
manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1 Membedakan gerak benda yang mudah bergerak
dengan yang sulit bergerak melalui
percobaan
4.2 Mengidentifikasi penyebab benda bergerak
(batere, per/pegas, dorongan tangan,
dan magnet)
|
Bumi dan Alam Semesta
5. Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim) serta pengaruhnya terhadap kegiatan
manusia.
|
5.1 Mengenal berbagai benda langit melalui
pengamatan
5.2 Mengenal keadaan cuaca di sekitar kita
5.3 Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan
terhadap kegiatan manusia
|
Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta
berbagai tempat hidup makhluk hidup
|
1.1 Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di
sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
1.2
Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada
pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji
menjadi tanaman)
1.3 Mengidentifikasi
berbagai tempat hidup makhluk hidup (air, tanah dan tempat lainnya)
1.4 Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan
membahayakan
|
Benda dan Sifatnya
2. Mengenal berbagai bentuk
benda dan kegunaannya
serta perubahan wujud yang dapat dialaminya
|
2.1 Mengidentifikasi ciri–ciri
benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
2.2 Menunjukkan
perubahan bentuk dan wujud benda
(plastisin/tanah liat/adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu
2.3 Mengidentifikasi benda-benda
yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
|
Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
3.
Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
|
3.1 Mengidentifikasi sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya, dan bunyi) yang
ada
di
lingkungan sekitar
3.2 Mengidentifikasi jenis
energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya
|
Bumi dan Alam Semesta
4. Memahami
peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari
4.2
Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas III,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk
Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1.
Memahami
ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup
|
1.1
Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk
hidup
1.2
Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
1.3
Mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi,
istirahat dan olah raga)
|
2.
Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan
|
2.1
Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan
2.2
Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh
terhadap kesehatan
2.3
Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
|
Benda dan
Sifatnya
3. Memahami
sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda
berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas
3.2
Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran,
bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran,
pemanasan, dan diletakkan di udara terbuka
3.3
Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, kaca, dan
kertas
|
Kelas
III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi
dan Perubahannya
|
|
4. Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan
energi dan sumber energi
|
4.1 Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak
benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
4.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang
pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
4.3 Mengidentifikasi sumber energi dan
kegunaannya
|
5. Menerapkan konsep energi gerak
|
5.1 Membuat
kincir angin untuk menunjukkan
bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
5.2 Menerapkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehari-hari
|
Bumi dan
Alam Semesta
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan
pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya
dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam
|
6.1 Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
6.2 Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan
cuaca
6.3 Mendeskripsikan pengaruh cuaca bagi
kegiatan manusia
6.4 Mengidentifikasi cara manusia dalam
memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
|
Kelas IV, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Memahami
hubungan antara struktur organ tubuh manusia
dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
|
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh
manusia dengan fungsinya
1.2
Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh
1.3
Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera
dengan fungsinya
1.4
Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera
|
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
|
2.1 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan
dengan fungsinya
2.2 Menjelaskan hubungan antara struktur
batang tumbuhan dengan fungsinya
2.3 Menjelaskan hubungan antara struktur daun
tumbuhan dengan fungsinya
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya
|
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis
makanannya
|
3.1 Mengidentifikasi jenis makanan hewan
3.2 Menggolongkan hewan berdasarkan
jenis makanannya
|
4.
Memahami daur hidup beragam
jenis makhluk hidup
|
4.1 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan
di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupu-kupu, kucing
4.2 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing,
ayam, ikan
|
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
|
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan
khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk
hidup (rantai makanan)
5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk
hidup dengan lingkungannya
|
Benda dan Sifatnya
6.
Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara
penggunaan benda berdasarkan sifatnya
|
6.1 Mengidentifikasi wujud benda
padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu
6.2 Mendeskripsikan terjadinya
perubahan wujud cair àpadat à cair; cair à gas à cair; padat à gas
6.3 Menjelaskan hubungan
antara sifat bahan dengan kegunaannya
|
Kelas IV, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
7. Memahami gaya dapat
mengubah
gerak dan/atau bentuk suatu
benda
|
7.1 Menyimpulkan hasil percobaan
bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda
7.2 Menyimpulkan hasil percobaan
bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
|
8. Memahami berbagai
bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari
|
8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang
terdapat di lingkungan sekitar serta
sifat-sifatnya
8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan
cara penggunaannya
8.3 Membuat suatu karya/model untuk
menunjukkan perubahan energi gerak
akibat pengaruh udara, misalnya roket
dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut
8.4 Menjelaskan perubahan energi
bunyi melalui penggunaan alat musik
|
Bumi dan Alam Semesta
9. Memahami
perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit
|
9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi
9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan
bumi dari hari ke hari
|
10. Memahami perubahan
lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
|
10.1
Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan,
cahaya matahari, dan gelombang air laut)
10.2
Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi,
abrasi, banjir, dan longsor)
10.3
Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir,
dan longsor)
|
11. Memahami hubungan
antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
|
11.1
Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan
11.2
Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan
11.3
Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan
|
Kelas
V, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Mengidentifikasi
fungsi organ tubuh manusia dan hewan
|
1.1 Mengidentifikasi fungsi
organ pernapasan manusia
1.2 Mengidentifikasi fungsi
organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
1.3 Mengidentifikasi
fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan
1.4 Mengidentifikasi organ peredaran darah
manusia
1.5 Mengidentifikasi gangguan pada organ
peredaran darah manusia
|
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
|
2.1 Mengidentifikasi
cara tumbuhan hijau membuat makanan
2.2 Mendeskripsikan
ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
|
3. Mengidentifikasi
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi
penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
3.2 Mengidentifikasi
penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
|
Benda dan Sifatnya
4. Memahami hubungan
antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai
hasil suatu proses
|
4.1 Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan
bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas
4.2 Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat
benda, baik sementara maupun tetap
|
Kelas V, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan
energi, serta fungsinya
|
5.1 Mendeskripsikan
hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi,
gaya gesek, gaya magnet)
5.2 Menjelaskan pesawat
sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
|
6. Menerapkan
sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
|
6.1 Mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya
6.2 Membuat suatu karya/model,
misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan
sifat-sifat cahaya
|
Bumi dan Alam Semesta
|
|
7. Memahami
perubahan yang terjadi di
alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
|
7.1 Mendeskripsikan proses
pembentukan tanah karena pelapukan
7.2 Mengidentifikasi
jenis-jenis tanah
7.3 Mendeskripsikan
struktur bumi
7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang
dapat mempengaruhinya
7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk
hidup dan lingkungan
7.7 Mengidentifikasi beberapa
kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan,
dsb)
|
Kelas VI, Semester 1
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
|
1.1
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan
(kelelawar, cicak, bebek) dan
lingkungan hidupnya
1.2 Mendeskripsikan hubungan
antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan
lingkungan hidupnya
|
2. Memahami cara
perkembangbiakan makhluk hidup
|
2.1
Mendeskripsikan perkembangan dan
pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
2.2
Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan
perempuan
2.3 Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
2.4 Mengidentifikasi
cara perkembangbiakan manusia
|
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan
lingkungan
|
3.1
Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam
(ekosistem)
3.2
Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang
mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
3.3
Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang
mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
|
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis
makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
|
4.1 Mengidentifikasi
jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati
kepunahan
4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan
Alam dan kehidupan masyarakat
|
Benda dan Sifatnya
5.
Memahami saling hubungan antara suhu,
sifat hantaran dan kegunaan benda
|
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
|
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda
|
6.1 Menjelaskan
faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan,
pembusukan) melalui pengamatan
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan
pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik)
dalam kehidupan sehari-hari
|
Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
7.
Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi
|
7.1 Melakukan percobaan
untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit,
katapel/model traktor sederhana energi pegas)
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan
dan perubahan energi listrik
|
8.
Memahami pentingnya penghematan energi
|
8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi
dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
8.2 Membuat
suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model
lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah)
|
Bumi dan
Alam Semesta
|
|
9. Memahami matahari
sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
|
9.1
Mendeskripsikan sistem tata surya dan
posisi penyusun tata surya
9.2
Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
9.3
Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender
Hijriah
|
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi
dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar
Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment