36. Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Sekolah
Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
A. Latar
Belakang
Bahasa memiliki
peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta
didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang
studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
budayanya, dan budaya orang lain. Selain itu, pembelajaran bahasa juga membantu
peserta didik mampu mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam
masyarakat, dan bahkan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan
imaginatif yang ada dalam dirinya.
Bahasa Inggris
merupakan alat untuk berkomunikasi secara lisan dan tulis. Berkomunikasi adalah
memahami dan mengungkapkan informasi, pikiran, perasaan, dan mengembangkan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan budaya. Kemampuan berkomunikasi dalam pengertian
yang utuh adalah kemampuan berwacana, yakni kemampuan memahami dan/atau
menghasilkan teks lisan dan/atau tulis yang direalisasikan dalam empat
keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.
Keempat keterampilan inilah yang digunakan untuk menanggapi atau menciptakan
wacana dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, mata pelajaran Bahasa
Inggris diarahkan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut agar
lulusan mampu berkomunikasi dan berwacana dalam bahasa Inggris pada tingkat
literasi tertentu.
Tingkat literasi
mencakup performative, functional,
informational, dan epistemic. Pada tingkat performative,
orang mampu membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan simbol-simbol
yang digunakan. Pada tingkat functional, orang mampu menggunakan bahasa
untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membaca surat kabar, manual
atau petunjuk. Pada tingkat informational, orang mampu mengakses
pengetahuan dengan kemampuan berbahasa, sedangkan pada tingkat epistemic
orang mampu mengungkapkan pengetahuan ke dalam bahasa sasaran (Wells,1987).
Sehubungan dengan hal tersebut, perlu
ditetapkan standar kompetensi bahasa Inggris bagi SD/MI yang menyelenggarakan
mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai muatan lokal. Kompetensi lulusan SD/MI
tersebut selayaknya merupakan kemampuan yang bermanfaat dalam rangka menyiapkan
lulusan untuk belajar bahasa Inggris di tingkat SMP/MTs. Kemampuan yang
dimaksud adalah kemampuan berinteraksi dalam bahasa Inggris untuk menunjang
kegiatan kelas dan sekolah.
Pendidikan bahasa Inggris di SD/MI
dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yang digunakan untuk
menyertai tindakan atau language accompanying action. Bahasa Inggris
digunakan untuk interaksi dan bersifat “here and now”. Topik
pembicaraannya berkisar pada hal-hal yang ada dalam konteks situasi. Untuk
mencapai kompetensi ini, peserta didik perlu dipajankan dan dibiasakan dengan
berbagai ragam pasangan bersanding (adjacency pairs) yang merupakan
dasar menuju kemampuan berinteraksi yang lebih kompleks.
B. Tujuan
Mata Pelajaran
Bahasa Inggris di SD/MI bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1.
Mengembangkan
kompetensi berkomunikasi dalam bentuk lisan secara terbatas untuk mengiringi tindakan (language
accompanying action) dalam konteks sekolah
2. Memiliki
kesadaran tentang hakikat dan pentingnya bahasa Inggris untuk meningkatkan daya
saing bangsa dalam masyarakat global
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata
pelajaran Bahasa Inggris di SD/MI mencakup kemampuan berkomunikasi lisan secara
terbatas dalam konteks sekolah, yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
ketrampilan menulis dan membaca diarahkan untuk menunjang
pembelajaran komunikasi lisan.
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas IV, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks kelas
|
1.1 Merespon dengan melakukan tindakan
sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal dalam konteks kelas
|
Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks kelas
|
2.1
Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
mengenalkan diri, memberi salam/sapaan, memberi salam perpisahan, dan
memberi aba-aba
2.2
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, meminta barang, dan memberi barang
2.3 Bercakap-cakap untuk meminta/memberi
informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur: berterima
kasih, meminta maaf, memberi
maaf, melarang, memuji, dan
mengajak
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse
me
|
Membaca
3
Memahami
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
dalam konteks kelas
|
3.1 Membaca nyaring dengan melafalkan
alfabet dan ucapan yang tepat yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat
sederhana
3.2 Memahami kalimat dan pesan
tertulis sangat sederhana
|
Menulis
4
Mengeja
dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas
|
4.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima
dengan tanda baca yang benar yang melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat
sederhana
4.2
Menyalin
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana
secara tepat dan berterima seperti: ucapan selamat dan pesan tertulis
|
Kelas IV,
Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
|
5.1 Merespon dengan melakukan tindakan
sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan dalam
berbagai permainan
5.2
Merespon
instruksi sangat sederhana secara verbal
|
Berbicara
|
6.1
Menirukan
ujaran dalam ungkapan sangat sederhana secara berterima
6.2
Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan
tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu dan memberi aba-aba
6.3
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, meminta barang, memberi barang
6.4
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui,
menyangkal, dan meminta kejelasan
6.5
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan
ungkapan: thank you, sorry, please, dan excuse me
|
Membaca
|
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan yang tepat
dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
7.2 Memahami kalimat dan pesan
tertulis sangat sederhana
|
Menulis
|
8.1 Mengeja ujaran bahasa Inggris sangat
sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda baca yang benar yang
melibatkan: kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
8.2
Menyalin
tulisan bahasa Inggris sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti ucapan
selamat dan pesan tertulis
|
Kelas V, Semester
1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks sekolah
|
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana
dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
|
Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
2.1
Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi
petunjuk
2.2
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi
barang
2.3
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin,
menyetujui, tidak menyetujui, dan melarang
2.4
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan
ungkapan: Do you mind … dan Shall we …
|
Membaca
3.
Memahami tulisan bahasa Inggris dan teks
deskriptif bergambar sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
3.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan,
dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, dan kalimat
sangat sederhana
3.2 Memahami kalimat, pesan tertulis dan
teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
Menulis
4. Mengeja dan menyalin kalimat sangat
sederhana dalam konteks sekolah
|
4.1 Mengeja kalimat sangat sederhana secara
tepat dan berterima
4.2
Menyalin
dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima seperti: ucapan
selamat, ucapan terima kasih, dan undangan
|
Kelas V, Semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami instruksi sangat sederhana
dengan tindakan dalam konteks sekolah
|
5.1 Merespon instruksi sangat sederhana
dengan tindakan secara berterima dalam konteks sekolah
5.2 Merespon instruksi sangat sederhana
secara verbal
|
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekolah
|
6.1
Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur: memberi contoh melakukan sesuatu, memberi
aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
6.3
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: memberi informasi, memberi pendapat, dan meminta kejelasan
6.4
Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan: do
you mind ... dan Shall we ...
|
Membaca
7. Memahami tulisan bahasa Inggris sangat
sederhana dalam konteks sekolah
|
7.1 Membaca nyaring dengan ucapan, tekanan,
dan intonasi secara tepat dan berterima yang melibatkan: kata, frasa, kalimat sangat
sederhana, dan teks sangat sederhana
7.2 Memahami kalimat, pesan tertulis dan
teks deskriptif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima
|
Menulis
8. Mengeja dan menyalin kalimat sangat
sederhana dalam konteks sekolah
|
8.1 Mengeja kalimat sangat sederhana secara
tepat dan berterima
8.2
Menyalin
dan menulis kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima dengan tanda
baca yang tepat seperti: ucapan selamat, ucapan terima kasih, dan
ucapan simpati
|
Kelas VI,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara
tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar
peserta didik
|
1.1 Merespon instruksi sangat sederhana
dengan tindakan secara berterima dalam kegiatan di dalam dan luar kelas
1.2 Merespon instruksi sangat sederhana
dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan
1.3 Memahami cerita lisan secara berterima
dengan bantuan gambar
|
Berbicara
2. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
2.1
Bercakap-cakap
untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur:
memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
2.2
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi
barang
2.3
Bercakap-cakap untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang
melibatkan tindak tutur: mengingatkan, menyatakan suka / tidak suka, menanyakan jumlah, menanyakan
keadaan, memberi komentar, memberi pendapat, dan mengusulkan
2.4 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapan:Would you plese ... dan May I
...
|
Membaca
3. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
3.1 Membaca nyaring teks fungsional pendek
sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
3.2 Memahami teks deskriptif bergambar
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
Menulis
4. Menulis
teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta
didik
|
4.1 Menulis teks fungsional pendek sangat
sederhana secara berterima
4.2 Menulis kartu-kartu ucapan sangat
sederhana secara berterima
|
Kelas
VI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
5. Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan
tindakan maupun bahasa dalam
konteks sekitar peserta didik
|
5.1 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan
tindakan maupun bahasa secara berterima di dalam dan luar kelas
5.2 Merespon instruksi dan informasi sangat sederhana baik dengan
tindakan maupun bahasa secara berterima dalam berbagai permainan
5.3 Memahami cerita lisan sangat sederhana
dengan bantuan gambar
|
Berbicara
6. Mengungkapkan instruksi dan informasi
sangat sederhana dalam konteks sekitar
peserta didik
|
6.1 Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan
secara berterima yang melibatkan tindak tutu: memberi contoh melakukan
sesuatu, memberi aba-aba, dan memberi petunjuk
6.2
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi jasa/barang secara berterima yang melibatkan tindak
tutu: meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi
barang
6.3
Bercakap-cakap
untuk meminta/memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak
tutur: mengungkapkan perasaan, merespon ungkapan, mengungkapkan
keraguan, menanyakan, dan meminta kejelasan
6.4 Mengungkapkan kesantunan secara
berterima yang melibatkan ungkapa: Would you please ... dan May I
...
|
Membaca
7. Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
|
7.1 Membaca nyaring teks fungsional pendek
sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
7.2 Memahami teks deskriptif bergambar
sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
7.3 Memahami teks naratif bergambar sangat
sederhana
|
Menulis
8. Menulis
teks fungsional pendek sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta
didik
|
8.1
Menulis
teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima dalam konteks
sekitar peserta didik
8.2 Menulis kartu-kartu ucapan sederhana
secara berterima
|
E. Arah
Pengembangan
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan
materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu
memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
No comments:
Post a Comment