Saturday, June 30, 2012

Menuju Guru Profesional

Menjadi guru profesional, adalah cita-cita bersama seluruh elemen pendidikan. Dalam hal ini, tidak hanya guru yang menginginkan dirinya menjadi sosok yang profesional, melainkan setiap elemen yang ada kaitannya dengan kepentingan pendidikan. Dalam hal ini tentunya, termasuk orang tua dan masyarakat. Figur guru yang profesional, diyakini akan berimplikasi positif pada setiap aspek kehidupan di masyarakat. Karena diakui atau tidak, produk yang dihasilkan dari profesi guru akan mencermainkan sebuah kemampuan di dalam lingkungan masyarakat. Masyarakat sendiri merupakan sekumpulan orang-orang yang dulunya menimba ilmu di sekolah-sekolah tertentu, di mana di sana ada guru sebagai komponen penting yang menjalankan roda pendidikan.

Berbicara tentang profesional, adalah mudah untuk diucapkan namun sulit untuk direalisasikan. Saya sendiri sebagai penulis, merasa belum masuk pada katagori guru profesional. Namun sudah barang tentu, kita semua senantiasa berusaha mengejar predikat guru profesional tersebut. 

Apa itu profesional?
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Bab I Pasal 1 ayat (4) dijelaskan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.

No comments:

Post a Comment